Halaman

10 Juni 2014

Memahami Arti Shalat


Secara bahasa, shalat berasal dari bahasa Arab, yang artinya "doa". Doa yang dimaksud di sini adalah doa dalam hal kebaikan. Dari arti secara bahasa dapat dipahami bahwa bacaan-bacaan di dalam ibadah shalat merupakan rangkaian doa seseorang Muslim kepada Allah Swt.


Sementara itu, pengertian menurut syariat Islam, shalat adalah ibadah kepada Allah Swt. yang berupa perkataan dan perbuatan dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Berdasarkan pengertian shalat menurut syariat, seseorang yang mendirikan shalat harus tunduk kepada syarat dan rukun yang telah ditentukan. Di sinilah sesungguhnya penting bagi kaum muslim untuk memperhatikan masalah ini dengan baik agar shalat yang dilakukannya sah menurut hukum syariat Islam.

Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Islam didirikan atas lima sendi (tiang) salah satunya adalah shalat, sehingga barang siapa mendirikan shalat ,maka ia mendirikan agama (Islam), dan barang siapa meninggalkan shalat,maka ia meruntuhkan agama (Islam).





Shalat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimin yang sudah mukallaf (telah dewasa dan tidak mengalami gangguan jiwa maupun akal) dan harus dikerjakan baik bagi mukimin maupun sedang dalam keadaan perjalanan.


Shalat harus didirikan dalam satu hari satu malam sebanyak lima kali, berjumlah 17 rakaat. Shalat tersebut merupakan wajib yang harus dilaksanakan tanpa kecuali bagi muslim mukallaf baik sedang sehat maupun sakit. Selain shalat wajib ada juga shalat–shalat sunah.



Sumber:

- Buku "Tuntunan Shalat Fardhu & Sunnah" Akhmad Muhaimin Azzet
- http://pengertian-shalat.blogspot.com/

- Image Google